MEDIA PEMBELAJARAN
NAMA : X
NIM : 1002474
PTA
1.
DEFINISI
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Media
Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan
pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga
dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
·
Menurut
Briggs (1977) ialah sarana
fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti: buku, film, video dsb.
·
Menurut
National Education Associaton (1969)
ialah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun
pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
2.
KRITERIA
PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Menunjang tercapainya tujuan
pembelajaran, Media pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat
membantu dan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan.
·
Media yang dipilih hendaknya selalu
disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penyesuaian ini dapat dilihat dari aspek
umur siswa atau kemampuan siswa sendiri untuk memahami media yang digunakan.
Jika tidak maka media tersebut tidak lebih akan menjadi sebuah pajangan belaka.
·
Media yang digunakan hendaknya tepat
guna artinya dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang
dipelajari.
·
Media yang dipilih hendaknya memang
tersedia, artinya tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk
mempersiapkan dan mempergunakannya.
·
Media yang dipilih hendaknya disenangi
oleh guru dan murid.
Disinilah perlunya guru kreatif untuk menciptakan media pembelajaran agar dapat
disesuaikan dengan apa yang disenangi guru dan disukai oleh siswa.
·
Persiapan dan penggunaan media hendaknya
disesuaikan dengan biaya yang tersedia. Hal ini biasanya menjadi hambatan pokok
karena memaksakan menggunakan media sementara tidak didukung oleh dana ang
memadai. Hendaknya media yang digunakan adalah media tepat guna, atau media pembelajaran sederhana yang
dapat dijangkau oleh siswa dan guru.
·
Kondisi fisik lingkungan turut
mempengaruhi media. Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi
lingkungan pada saat merencanakan penggunaan media.
3.
TUJUAN
MEDIA PEMBELAJARAN
[Akhmad Sudrajat,
2008]:
- Mempermudah proses belajar-mengajar
- Meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
- Menjaga relevansi dengan tujuan belajar
- Membantu konsentrasi mahasiswa
- Menurut Gagne: Komponen sumber belajar yang dapat
merangsang siswa untuk belajar
- Menurut Schramm: Teknologi pembawa informasi atau
pesan instruksional
- Menurut Y. Miarso: Segala sesuatu yang dapat
merangsang proses belajar siswa
4. MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
- Penyampaian
materi pembelajaran dapat diseragamkan
- Proses
pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
- Proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif
- Efisiensi
dalam waktu dan tenaga
- Meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa
- Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
- Media
dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
- Mengubah
peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
5.
FUNGSI
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Mengubah titik berat pendidikan formal.
·
Membangkitkan motivasi belajar.
·
Memperjelas penyajian pesan dan
informasi.
·
Memberikan stimulasi belajar atau
keinginan untuk mencari tahu.
·
Memperjelas penyajian materi (pesan)
dalam bentuk visualisasi yang jelas sehingga pesan tidak terlalu bersifat
verbalistis.
·
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan
daya indera.
·
Menjadikan pengalaman manusia dari
abstrak menjadi kongkret
·
Memberikan stimulus dan rangsangan
kepada siswa untuk belajar secara aktif.
·
Dapat meningkatkan motivasi siswa
sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.
6.
FUNGSI
AFEKTIF
Fungsi
afektif media visual dapat terlihat dari tingkat keterlibatan emosi dan sikap
siswa pada saat menyimak tayangan materi pelajaran yang disertai dengan
visualisasi. Misalnya, tayangan video gambar simulasi kegiatan pengelolaan
arsip, video penggunaan mesin-mesin kantor, dan sejenisnya.
7.
FUNGSI
KOGNITIF
Fungsi kognitif media sosial terlihat dari
kajian-kajian ilmiah yang mengemukakan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami
dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
8.
FUNGSI
ATENSI
Fungsi
atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian
siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna
visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Media gambar atau
animasi yang diproyeksikan melalui LCD (Liquid Crystal Display) dapat
memfokuskan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka
terima. Hal ini berpengaruh terhadap penguasaan materi pelajaran yang lebih
baik oleh siswa.
9.
FUNGSI
KOMPENSANTORIS
Yaitu memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu
siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi.
Sedangkan
fungsi kompensatoris dari media pembelajaran dapat dilihat dari hasil
penelitian bahwa media visual membantu pemahaman dan ingatan isi materi bagi
siswa yang lemah dalam membaca.
10.
KELAIKAN
PRAKTIS
·
Peserta
didik familiar terhadap medianya
·
Tersedianya
waktu pemilihan
·
Tersedianya
media
·
Tersedianya
sarana
dan fasilitas
11.
KELAIKAN
TEKNIS
·
Kualitas
pesan (yaitu mudah dipahami, jelas, dan relevan)
·
Kualitas
visual (yaitu menarik dan sederhana)
12.
KELAIKAN
BIAYA
Mengacu pada pendapat bahwa pada dasarnya ciri
pendidikan modern adalah efesiensi dan keefektifan belajar mengajar. Salah satu
strategi untuk menekan biaya adalah dengan simplifikasi dan memanipilasi media
atau alat bantu materi pengajaran.
13.
MANFAAT
AUDIO VISUAL
- Menarik, dapat mempercepat daya serap
peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan.
- Baik
untuk semua siswa karena dapat mendengar dan melihat.
- Bisa
menampilkan gambar, grafik, diagram, ataupun cerita.
- Variatif,
Karena jenisnya yang beragam.
- Bisa
diperlambat dan diulang.
- Dapat
dipergunakan tidak hanya untuk satu orang.
- Dapat
dipergunakan untuk memberikan umpan balik .
0 comments:
Post a Comment