Wednesday, December 13, 2017

Travelmoon to Japan! Part 1- VISA

First of all, mau share pengalaman yang paling fresh ke Jepang kemaren awal November 2017 mumpung masih inget hehe. Here it is...

Preface
Tahun ini udah berencana mau ke Jepang tapi entah bulan apa pengennya Maret-April sayangnya rejeki berkata lain. Awal taun keuangan lagi menipis terus buat ngisi waktu ane migrasi ke Pare buat belajar IELTS dan setelah lebaran Juli, banyak juga pertimbangan untuk modal bisnis kecil-kecilan buat penghasilan harian tapi modal yang keluar ga sedikit loh.. haha. Biar ga penasaran akhir bulan Agustus bela-belain ke Kokas Jakarta buat dateng ke acara Japan travel fair nah ternyata harga tiketnya walaupun promo masih aja mahal (untuk 2 orang) haha dipikir-pikir duh lebar ya nyari uangnya susah dengan semudah itu aja keluar, jadinya hopeless deh pasrah kayanya ga bakal jadi... temen juga yang di Karawang udah mikirinya ga bakalan jadi ke Jepang, uang yang dia tabung udah keluar duluan buat keperluan lain... yaah tinggal mimpi deh..

Hari Senin akhir September dapet info dari tour x jual tiket promo KL-KIX murah banget, awalnya takut ini penipuan tapi ada temen teteh yang udah beli tiket dari tour x ini, so ga pake mikir lama hari itu juga langsung beli, itung-itung syukuran Anniversary dan ultah suami. Pengennya akhir November biar autumn dapet salju dapet tapi adanya awal November yaudah deh daripada ga jadi beli soalnya kalau pas winter bakalan lebih ribet buat persiapannya banyak beli perlengkapan winter dan ga nyaman aja buat menjelajah sambil jalan kaki jadilah pilih autumn. Si temen juga kaget "eh jadi teh ke Jepang? yaudah hayu weh" cenah. sip deh ane jadi beli 3 tiket dan persiapan ngurusin Visa tinggal 3 minggu lagi...

Well petualangan kita dimulai sekarang...

Part 1-Visa ke Jepang
Kami (saya dan suami) berdomisili di Bandung dan teman di Karawang jadi kami memutuskan ngurusin visa pake travel agent aja biar ga bolak balik ke Jakarta toh biayanya sama aja kalau sama ongkos hehe. Well setelah survey ke beberapa travel agent akhirnya kami menjatuhkan pilihan ke Dwidaya tour alamatnya di Jl.Pasirkaliki sebrang RSHS Bandung biaya visa single Rp 635.000 + 25.000 ongkos kirim dengan syarat yang ane lampirin sebagai berikut :

  1. Paspor berlaku min. 7 bulan dan paspor lama
  2. Pas foto 4,5 x 4,5 cm = 2 lembar terbaru background putih (wajib banget fotonya di Jonas biar ga salah dan hasilnya jelas soalnya ane ngulang foto karena foto di studio abal-abal hasilnya pudar dan ukurannya lebih 5mm hihi)
  3. Surat sponsor dari perusahaan (ga pake ini karena ane freelance)
  4. Fotocopy SIUP (karena suami belum punya SIUP jadi pake surat keterangan usaha dari Kelurahan)
  5.  Fotocopy : KTP, KK, Akte Nikah
  6. Copy Keuangan 3 bulan terakhir atau tabungan (nah ini syarat tabungan minimum perorang 30 juta)
  7. Print out ticket (asli udah booked JKT-KL, KL-KIX, KIX-KL, KL-BDG)
  8. Print out Hotel (dummy semua)
  9. Itinerary selama di Jepang (nulisnya di format formulir yang dikasih)
  10. Mengisi Formulir aplikasi dan tanda tangan formulir
  11. Bikin surat bahwa ane tanggungan suami semua biaya ditanggung suami
Untuk lebih lengkapnya syarat visa Jepang bisa dicek di sini.

Nah ada drama pas ngurusin visa karena temen domisili jauh di Karawang terus ada dokumen yang kurang, foto juga harus diulang mau ga mau hari itu juga kudu dilengkapin karena udah mepet 3 minggu lagi, si temen kurang surat sponsor dari perusahaan doi cuma ngasih surat keterangan kerja aja, duh masalahnya doi ga dapet ijin dari HRDnya jadi masalah deh :( padahal leadernya udah ngijinin, doi mau ijin 10 hari sedangkan sisa cuti cuma 3 hari lagi... bah ribet sih kongkalikongnya. ane juga ga pengen dia kena masalah di kantornya ntar dia ga naek jabatan + ga naek gaji kan bahaya. akhirnya suami ane punya ide buat doi biar minta maaf aja sama HRDnya bilang ga jadi pergi terus doi dimasukin jadi karyawan suami ane, suami ane yang bertanggung jawab jadi semacam perusahaan keluarga gitu ceritanya hehe.

Sempet deg-degan juga sih visa belum ada kabar mulu udah mepet ke hari H belum beli JR PASS yang lama prosesnya sekitar 2 minggu sama booking hotel, hmm diterima apa ga ya soalnya suami ga punya SIUP cuma keterangan Kelurahan aja, tapi ane optimis sih soalnya di paspor lama suami udah ada visa Jepang taun 2012 ya sugan weh jadi pertimbangan karena udah pernah kesana.


FYI: si temen itu inisialnya Badut kalau suami ane orang-orang sih manggilnya Iben.



                yeiyy alhamdulilah dua minggu sebelum hari H visanya jadi :D

Well sekian dulu untuk part 1 nya besok bakal dilanjut lagi part 2 nya...... :D



Share:

0 comments:

Post a Comment