Thursday, December 14, 2017

Travelmoon to Japan Part 2__Bandung-CGK-KLIA

Sabtu pagi tanggal 4 November 2017 ada kejadian bikin shock jantung karena kereta argo parahyangan stasiun Bdg-Gambir jam 8:35 dan ane jam 8:15 masih mandi OMG! bisa ketebaklah akhirnya gimana.. hahaha RUSUH!

eh ko bisa sih? emangnya ga liat jam apa?! well bangun tuh dari jam 4:30 terus biasalah sholat, manasin makanan buat dibekel, cuci piring numpuk, packing yang masih kececer ternyata banyak banget yang belum masuk, terus beresin rumah dulu masa mau ditinggal pabalatak kan ga enak, kasih makan kucing, nulis note buat yang jagain kucing apa aja yang harus beliau kerjakan, makanannya yang mana, buang poopnya kemana dll, dan ada farewell dulu sama 9 kucing tercinta dipelukin semua duh sedih mau ninggalin lama, apalagi si Myu pasti takut sama orang baru yang bakal kasih dia makan selama ditinggal :( Bismillah aja deh semoga anak-anaku sehat semua.


Eh ga kerasa udah jam 8 aja hahaha langsung mandi dan Kanji (suami) baru cek kereta laaah ternyata jam 8:35! dia ngiranya jam 9 wah langsung riweuh dia gedor-gedorin pintu kamar mandi, pesen grab juga buat ke stasiun karena banyak bawaeun ada koper medium 2, koper cabin 1, ransel 1, sling bag, bawa tote bag juga isinya makanan buat dijalan, ada sisa pisang masih banyak sih sayang mubazir dan bantal leher 2, oiya jaket si Kanji belum masuk soalnya tebel sih inner dan outer.. kebayang deh ridunya kek mau pindah rumah aja :D


Selesai mandi jam 8:15, ada sisa 20 menit lagi nah yang 5 menit dipake siap-siap, terus perjalanan rumah-stasiun Bdg pintu selatan 10 menit, untungnya ga macet di alun-alun Bandung nya, sisa 5 menit lagi belum check-in langsung disuruh masuk tanpa periksa ID terus langsung dibantuin sama 3 porter (yaiyalah da bawa 3 koper) mereka jalan cepet banget sambil gotong koper "cepetan neng keretanya berangkat sekarang" duh makin ga santei ane eh ada insiden jalurnya kehalang kereta lokal yang baru sampe beuh atuh nungguan heula batur tarurun. Para porter malah lawan arus bentak yang turun "ini kereta udah telat mau ke Jakarta berangkat sekarang" kata porter ke orang-orang yang turun, ane diem aja merasa bersalah ga berani lawan arus, si porternya menggeretak "cepet neng naek aja masih jauh disana", yoweslah akhirnya nurut lawan arus massa dan lari-lari menuju kereta argo parahyangan parahnya lagi kita di GERBONG 1 which is paling depan di ujung Subhanallah lari-lari di sepanjang lorong kereta sama 3 porter otomatis jadi pusat perhatian orang-orang. Begitu sampai di gerbong 1 alhamduliah di depan ada tempat naro koper kek di luar negeri dan masih kosong, bersyukur juga dapetnya gerbong eksekutif pas beli yang jam segini emang ga ada yang ekonomi ternyata Allah maha baik buat ini :) biasanya ane naek yang ekonomi soalnya ekonominya udah premium tapi untuk kasus kek gini tetep aja ga ada tempat kopernya. Porternya juga baik mereka bilang bayarnya seikhlasnya aja, Masya Allah udah dibantuin terus mereka ga narik tarif lagi.. nah begitu duduk kita narik nafas lalu kereta berangkat deh.... alhamdulilah rintangan pertama telah dilewati :)


Rincian Biaya:

  • Grab car rumah-Stasiun Bdg pintu selatan 15k
  • Bayar 3 Porter kebetulan pas ada sisa recehnya di dompet 60k lagi
  • Kereta api Eksekutif argo parahyangan 125k dapet diskon jadi 110k /orang
  • Bus damri stasiun gambir - Bandara soekarno hatta 40k /orang
Alasan kenapa kita milih pake kereta lanjut naek bus damri ke bandaranya ya emang dari segi biaya lebih mahal dan lebih ribet naek turun bawa banyak barang tapi lamanya perjalanan bisa diprediksi. Ga kaya naek travel Bdg-bandara soetta yang cepet pun kalau di tolnya macet karena banyak pembangunan dan penyempitan jalan mah sama aja bohong malah ga tenang di jalannya.

Kita nyampe di stasiun gambir jam 11:50 lanjut makan, sholat, ngadem di Indomaret point soalnya panas banget bikin keringetan haha terus naek bus damri ke bandara sekitar jam 13:30. Hujan mengiringi sepanjang perjalanan ke bandara, sekitar jam 15:30 kami tiba. Ternyata disana temen aka Badut udah nyampe duluan, kita biasalah basa basi persiapannya bawa apa aja. Dia bawa titipan buat temen di Jepang dari Ibunya, udah janjian nanti mau ketemu katanya. Di terminal 2D Kanji janjian sama seseorang dari Passpod buat sewa WIFI Pocket selama 7 hari aja.
Cari bakmi GM di dalem Terminal 2

Setelah lolos imigrasi baru kerasa lapar, kita muter-muter nyari bakmi GM di dalem, "loh udah pindah ya taun lalu masih ada nyempil kecil deket toilet" yowes dah tahan laper mencoba bersabar nanti di pesawat juga dapet makan hoho udah kecium wangi pie veggie ala KLM  :D

Enaknya naek KLM pas waktu boarding masih sempet solat magrib dulu ada mushola di bawah boarding room, pewe dah soalnya musholanya sepi dan penjaganya baik alhamdulilah tenang selama di perjalanan. Si Kanji suka banget naek KLM pasti aja walaupun cuma ke KL belain berangkat dari JKT biar naek KLM ya bedalah ada harga ada fasilitas, dulu dia pernah naek waktu ke Amsterdam jadi ketagihan katanya. Ane cuma bisa berdoa semoga suatu hari bisa ngerasain naek KLM ke Amsterdam biar lebih puas haha kalau liat nominal harganya mah cuma bisa nelen ludah.

Rincian Biaya:

  • Sewa Wifi pocket 7 hari di Jepang 420k + deposit 500k
  • Pesawat KLM JKT-KL 481k /orang udah dipotong diskon
Alhamdulilah akhirnya makan pie juga + jus apel jeruk  (pas nulis ini asli aroma wanginya kecium )

ke-norak-an ane pas bingung matiin lampu sorot tapi gada tombolnya oh ternyata dari sini toh hahaha

Interior KLM KL-810


Nungguin bagasi KLM

Kita nyampe di KLIA 1 jam 22:30 (waktu Malaysia) ngantri imigrasi, bagasi, sholat isya langsung cari amunisi lagiii hahaha emang kita semua hobby makan. Ada yang wajib dicoba pas di KLIA 1 yaitu TEXAS CHICKEN beda banget sama yang di Bandung disini ayamnya gede puas, kentangnya juga saos keju,mayo, bawang daun hem enyaaak, apalagi roasted chickennya enak banget bumbunya ala Amerika banget gatau pas lagi laper jadi enak haha. Minumnya juga ngambil sendiri sepuasnya cuman ada yang aneh nih pengganti nasi kan dikasih roti kentang gitu tapi manis sama mashed potato juga manis ga cocok di lidah apalagi digabung sama ayam jadi aneh hehe chili saosnya juga manis, emang ya texas disini bercita rasa internasional haha. Lokasinya begitu keluar dari Arrival lantai 2A 
 sebelah Burger King.

Huwoooh porsi jumbo tapi belum kenyang belum ketemu nasi

KLIA 1


KLIA EXPRESS

Well habis makan kita pindah ke KLIA 2 pake KLIA Express soalnya penerbangan besok pagi jam 8 you know lah pesawatnya apa hahaha. Muter-muter KLIA diubek semua tiap lantai sempet pindah spot beberapa kali buat nyari tempat pewe buat tidur. Jam menunjukan pukul 2 am waktu Malaysia dan kita baru nemu spot di lantai 3 posisinya di tengah-tengah bandara ada outdoornya jadi ga dingin, banyak pot besar taneman palem kalau tidur ketutupan taneman, cenderung gelap juga gada lampu jadi enak tidurnya ga silau. Akhirnya kita tidur aja sampe jam 4:30 am. Sayangnya ane ga moto tempat ini padahal best spot sih buat ngampar haha.

Ngambil videonya dari depan toilet

Masih ngantuk banget apa daya kudu maksain bangun, cari toilet dan shower gratis eh ternyata penuh yowes ke mushola aja eh ternyata banyak yang tidur disana tapi di dalemnya dingin banget masih enak tidur di area outdoor rada haneut hehe. habis solat persiapan ga sempet sarapan soalnya udah makan pas tengah malem, kita ke check-in area dan disana subhanallah penuuuuuuuuuh banget lautan manusia gila jalan aja susah pabeulit sama yang lagi ngantri check-in. Kita juga bingung karena counter buat ke KIX gatau dimana nanya petugas di D eh pas nanya lagi ternyata di K bolak-balik weh hayo.. Lumayanlah ngantri lama buat drop bagasi untungnya udah check-in online jadi rada tenang, habis drop bagasi masuk ke Penerbangan Antarbangsa buat lewatin Imigrasi Malaysia. Ya Allah ternyata perjuangan antrian lebih parah lautan manusia bejibun penuuuuuuuuh banget sampe mentok ke pintu masuk gila! salahnya ane ngambil antrian paling sedikit eh ternyata dari 2 baris masuk ke 1 petugas yang sama sumpah lamaaaaaaaa banget sampe banyak yang pindah barisan tapi kita tetep di posisi yang sama karena antrian semakin sedikit tapi tetep aja paling lama hahaha zonk! petugasnya lamaaaaa banget meriksain tiap orangnya, yang counter sebelah kanan kiri udah banyak petugas yang bantuin jadi dibuat antrian baru laaah yang counter ane tetep aja cuma 1 petugas wah gila orang-orang mulai panik yang mau boarding nyari-nyari celah buat nyelip antrian parah. Kita aja habis beres imigrasi ditambah lari-larian menuju Gate, orang-orang udah pada masuk pesawat, kita alhamdulilah masih rejeki ga ditinggal pesawat.
Ngantri untuk drop bagasi

Penerbangan Antarbangsa mau masuk imigrasi Malaysia

Udah duduk manis di pesawat tapi kita semua duduknya berpisah huh 6 jam gada temen ngobrol bosen juga. Mulai lapar nih dikasih makannya nanti pas Lunch zzzz 3-4 jam lagi. Tidur bangun tidur bangun ga pewe bosen terus-terusan liat jam, aish! ko waktu terasa lebih lama tiap liat jam tangan cuma maju 15 menit astagfirullah masih lamaaaaa bangets menguji kesabaran gada hiburan selama 6 jam huh dukanya naek pesawat LCC ya gini...

Alhamdulilah mengusir kebosanan dengan makan beef lasagna, ini dimakannya sedikit-sedikit biar lama habisnya haha biar ada kerjaan haha

Udah makan ga bisa tidur malah mual :( keknya masuk angin telat makan, babacaan doa biar ga muntah udah keringet dingin mau ke toilet juga males ngantri sebelah tidur wae deui ngaganggu ntarnya. Udah niat mau bawa novel dari rumah eh ketinggalan jadi baca majalah AA lebih tepatnya bolak-balik liat ada menu apa aja haha. Alhamdulilah doa dikabulin akhirnya perasaan mual keringet dingin mau muntah jadi hilang. males banget asli kalau muntah pernah ngerasain dulu haha ogah lagi-lagi deh. Paksain tidur masih ada 3 jam lagi menuju KIX. Masya Allah dari tadi ane baru ngelewatin waktu 3 jam aja..

Pukul 15:25 waktu Jepang pesawat D7 536 mendarat di Kansai International Airport. Alhamdulilah selamat sampe tujuan dan Bismillahirrohmaanirohiim buat perjalanan selanjutnya semoga kita semua lolos imigrasi Jepang ga di deportasi karena ada informasi banyak orang apalagi yang usia produktif begitu sampai Jepang di deportasi sama imigrasinya atau ga ditahan terus ditanya-tanya mau kemana aja, bawa uang berapa, sama siapa. Jauhkanlah hal-hal kaya gitu aamiin.

Rincian Biaya :


  • KLIA Express KLIA 1 - KLIA 2 cuma 2 RM /orang
  • Makan di Texas chicken sekitar 70 RM bertiga
  • Pre-order meal di pesawat AA 48k /orang kalau beli langsung lebih mahal
  • Bagasi 20 kg sekitar 225k /orang
  • Tiket AA KL-KIX 1050k /orang



  • *Makasih udah buang waktu untuk baca curhatan ini haha ceritanya bakal dilanjutin ke Part 3
    kalau ada yang mau ditanyain don't hesitate to ask me ;) stay cool and lovely hahaha emangnya radio.



    Share:

    1 comment: