Sunday, December 17, 2017

Part 3__WELCOME TO OSAKA!!!! :D

“Ladies and gentlemen, welcome to Kansai International Airport. Local time is 3:25 PM and the temperature is 12"
Shinsaibashi 📷 by Badut

Alhamdulilah akhirnya setelah penantian panjang kita sampai juga di Osaka kota terbesar ke 3 di Jepang. Setelah turun dari pesawat kita ke lantai bawah lalu di periksa sidik jari dan mata buat mendeteksi penyakit, wabah flu burung gitu ya lupa detailnya apa dari kementrian kesehatan Jepang ya semacam itu lah. After that baru ngantri imigrasi Jepang dan pastikan kartu imigrasi udah diisi semua perhatikan juga penampilan harus udah rapi jangan berantakan kalau mau dandan mangga dandan heula meh fresh (ini ngaruh loh), biar ga dianggap gembel atau pekerja ilegal hehe jangan gugup santei aja biar lancar pas diperiksa petugas. Pas ane ngantri, liat ada Pemuda lagi diperiksa imigrasi lama bener dah ditanya-tanya, dibongkar dompetnya buat ngeliatin berapa banyak uang yang dia bawa, ane pikir "ah jangan dibarisan itu lama apalagi petugasnya ribet". Bener aja pas ane lolos imigrasi pemuda itu masih diperiksa, hmm mungkin dia sendirian dan diusia produktif makannya dicurigai sama petugasnya. Terus ane nungguin Kanji sampe selesai takut kenapa-kenapa soale duite ane yang pegang semua, untungnya cuma disuruh buat lengkapin alamat hotelnya aja. ok clear. Yang terakhir kita nunggu Badut takut dia ga bisa jawab kalau ditanya petugas, eh bener aja dia ditanya "are you travel alone or with group?" dia bingung untungnya dia ngeh kata "group" nya aja jadi dia nunjuk ke ane yang udah lolos imigrasi dan Kanji, alhamdulilah dia lolos sigh~ lega setara penantian hidup dan mati hahaha lebay. Walapun kita udah mempersiapkan kemungkinan terburuknya, udah siapin jawaban yang pasti nanti ditanyain tetep aja ga pengen hal itu terjadi karena bakalan rugi di waktu dan biaya tentunya hehe. 
Ini kartu kedatangan wajib diisi lengkap dan diserahkan ke petugas imigrasi Jepang
Mau cerita dulu akhir-akhir ini banyak yang di deportasi sama imigrasi Jepang begitu mereka tiba di Jepang karena dicurigai bakal jadi pekerja ilegal disana. Kebanyakan Pria diusia produktif, pake e-paspor, traveling sendiri tapi yang group juga ada yang deportasi. Banyangin aja udah keluar duit banyak bahkan ada yg sampe 11 juta eh begitu sampe Jepang malah di deportasi. Ane dengernya aja sedih apalagi yang ngalaminnya, ya mau gimana kebijakan udah dari sono nya.
Kalau yang ini 1 rombongan cuma dapet 1 lembar untuk Customs setelah imigrasi
Setelah Imigrasi lalu kita ngambil bagasi setelah itu lewatin customs declaration dan menyerahkan kertas customs. 1 rombongan cuma dikasih 1 lembar. Setelah itu kita naek lagi ke lantai 2F untuk nukerin JR PASS di Kansai Airport Station dan begitu keluar angin berhembus dingiiin nusuk kulit hoho enak sih seger banget untuk ane yang suka dingin :D
Sign Welcome to Kansai, ada tempat ngetest Nintendo Switch gratis

Foto ini punyanya Oka Mukti-San
Menuju Kansai Airport Station ada suara jangkrik di momiji buatan itu jadi serasa di hutan


Untuk traveler non Japan yang mau nikmatin beberapa kota di Jepang dengan biaya lebih hemat lebih baik beli JR PASS di luar Jepang, tersedia untuk 7 hari 29,110 yen, 14 hari 46,390 yen, dan 21 hari 59,350 yen. Kalian bisa beli di travel agent atau beli online juga bisa kaya Kanji, dia beli di Bukalapak harganya di bawah pasaran selisih 300k lebih murah, ane takut itu penipuan ga bisa dituker ke JR PASS aslinya tapi it works!

Info lengkap tentang JR PASS di Sini
Setelah order sekitar 2 mingguan, voucher ini akan dikirimin ke rumah

Voucher ditukarkan di JR TICKET OFFICE dengan melampirkan passport
Nah berhubung JR PASS kita aktifnya esok hari, jadi kita beli ticket manual di loket NANKAI ke stasiun OSAKA UMEDA. Harusnya cuman sampai NAMBA tapi kita dapat tiket terusan ke OSAKA UMEDA

FYI :  

Japan Rail Pass ini hanya bisa dipakai untuk kereta dibawah perusahaan Japan Railways (JR). Jalur keretanya diatas bukan dibawah tanah. Kalau yang dibawah tanah namanya subway which means bayar lagi diluar Japan Rail Pass. Japan Rail Pass ini tidak bisa digunakan untuk shinkansen NOZOMI dan MIZUHO di jalur shinkansen Tokaido, Sanyo, dan Kyushu. 
Anda harus bener-bener merhatiin nama keretanya jangan sampai salah. Kalau salah naek kereta, misal anda naek NOZOMI, setelah tiba di stasiun tujuan anda tidak bisa keluar dari stasiun walapun anda menunjukan JR PASS, kalau anda mau keluar harus bayar lagi seharga tiket NOZOMI (mahal beud), kalau gamau bayar anda balik lagi ke stasiun awal haha buang waktu kan. Ini rentan salah naek kereta karena jalur NOZOMI jauh lebih banyak daripada kereta yang tercover JR PASS (HIKARI, SAKURA, KODAMA, dan TSUBAME). Harus perhatikan juga schedule board untuk lihat Nama kereta, jalur, tujuan dan jam keberangkatannya. Jangan takut delay semuanya pasti ON TIME kalau pun ada delay jarang banget dan pasti ada pengumumannya.

RINCIAN BIAYA :

  • JR PASS 7 hari 29,110 yen = sekitar 3.500k rupiah tapi ane beli 300k lebih murah hehe
  • Tiket Airport Express on Nankai Airport Line : Airport to Osaka Umeda 1000 yen
Ada web buat cek jadwal Timetable and Route Kereta dan Bus (ada keterangan harga juga) yaitu Hyperdia atau kalau mau lebih mudah lagi Google aja petunjuknya jelas. 

Osaka route map, Nankai Line yang warna biru muda

Mulai naek kereta sekitar jam 5:30 pm menuju Umeda

Beautiful Sunset around 6 pm


Perjalanan dari bandara menuju stasiun Osaka Umeda ditempuh selama 1 jam. Hari sudah mulai gelap angin pun behembus semakin dingin bikin perut keroncongan, pukul 6:30 kita sampe di stasiun Osaka Umeda lalu membeli onigiri menuju Umeda Apartement Comfy. Kanji mulai mengeluarkan kemampuannya untuk baca koordinat lokasi haha maklum da abi mah buta peta sok linglung apalagi mun tos wengi blur weh jadina teh. Nah masalahna wifi pocket yang kita sewa juga mulai aktifnya besok jadinya kita bingung tuh haha salah ambil patokan karena ngikutin peta kota Osaka yang ga detail, sebenernya Kanji udah inget patokan gedung yang diarahkan oleh si pemilik apartement namun karena banyak bangunan tinggi yang hampir mirip jadinya bingung haha. Bermodalkan nanya ke petugas kepolisian setempat dengan bahasa tubuh kita muter-muter daerah umeda dulu sebelum akhirnya nemu si apartemen. 

Video dokumentasi menuju apartement

Kalau dari peta deket cuma 15 menit jalan kaki tapi karena nyasar jadi 2x lebih lama
Early Dinner nemu kue Taiyaki enak banget dimakan pas masih panas ngangetin perut 
Minuman Favorit air mineral rasa Milk Tea

Kenapa Ane milih Umeda Apartment Comfy karena selain harganya murah, fasilitas lengkap, ada kompornya, dan ane bisa ngerasain kek orang lokal tinggal di apartment haha letaknya juga strategis deket stasiun Osaka nah ane kira naek shinkansen dari stasiun Osaka (umeda) eh ternyata dari SHIN-OSAKA hahaha. Cuma beda 1 stasiun sih...

di Traveloka mah Umeda Apartment Comfy tapi di plang nama depannya Axis Eslead Umeda Shinmichi

Di Lobby apartement depan lift ada tulisan ini seakan tau apa yang ane impikan. ya emang mimpi ane jadi nyata ane mau ngerasain jadi orang lokal Jepang tinggal di apartement. act like locals :D

Walapun di beli di Traveloka tapi sistemnya kaya Airbnb karena Apartemen ini gada resepsionisnya jadi ane disuruh kontak langsung ke pemiliknya masalahnya beliau pake nomor Jepang duh euy pulsana beak ai di pake nelepon mah atuh, CS traveloka cuma ngasih nomor pemiliknya aja, eh ternyata si pemiliknya yang bernama Kawamoto ngehubungi ane duluan via whatsapp dan sms, beliau minta email buat kirim step by step check-in mandiri, katanya pihak traveloka ga ngasih email ane. Nah dari situlah kita berkomunikasi masalah penginapan dan beliau ramah banget, helpful. Fasilitas di dalemnya juga lengkap banget sampai ada pembersih bulu,sponge cuci piring,alat makan minum, detergen,mesin cuci, hairdryer,kulkas, pemanas ruangan yang lebih asik lagi di sediain WIFI POCKET for free asiiiiknyaaa, oiya kalau di Jepang kita ga usah repot bawa sabun, sampo, odol, karena mau hotel sejelek apapun semurah  apapun pasti disediain semuanya kok :D

Kamarnya sama kaya diatas cuman beda posisi tempat tidur aja. Ane ga moto sendiri, foto diambil dari Traveloka

Alhamdulilah kami semua tiba di Apartement pukul 7 pm untuk istirahat ganti baju, sholat dan persiapan melanjutkan perjalanan ke daerah SHINSAIBASHI dan NAMBA. Setelah sejam berlalu sempet mager karena pewe udah ketemu kasur tapi kita tetap pada tujuan utama yaitu mau ketemu si Glico man hehe.
Kalau liat di peta deket cuma jalan kaki 3 km tapi kita mau saving energy buat besok
Jadinya kita naek kereta via Midosuji Line dan bayar 230 yen

Keluar dari Stasiun Shinsaibashisuji lalu melewati Shinsaibashisuji Shopping Street untuk menuju Dotonbori. Tadinya mau nyari makan di sini tapi takut ga halal jadinya kita  muter-muter lagi.

Gapura Dotonbori. 📷 by Badut
Kita lumayan lama ngabisin waktu di daerah sini karena salah belok, harusnya ke kanan untuk menuju Glico man eh kita malah ke kiri ya ga nemu-nemu deh malah buang-buang waktu haha.
Shinshaibashi
rame banget ya orang-orang besok ga kerja gitu?
Foto-foto dokumentasi by Badut
Ebisubashi-suji
Kita menyusuri sungai ini (ada bianglala di atas toko)


Mau makan Ichiran ramen yang terkenal tapi ngantrinyaaa padahal udah jam 10:30 pm
Nemu Takoyaki enak untuk ganjel perut

Akhirnya ketemu sama Glico man (crowd)

Jam 11 pm toko-toko udah pada tutup
Makanan yang terkenal enak di Osaka yaitu Okonomiyaki, Ichiran ramen (yang makannya setiap orang di bilik gitu), Halal Ramen Osaka Honolu, dan masih banyak lagi. Banyak banget tempat makan enak disini tapi penuh antriannya, kalian tinggal menyesuaikan pengennya apa, budgetnya berapa dan bagi yang muslim ada baiknya cari dulu restoran halal biar ga bingung. 

Setelah puas keliling-keliling tak terasa waktu menunjukan pukul 11 pm dan kita pun pulang ke arah stasiun Namba. Pertokoan sudah mulai tutup, kecuali Bar dan restoran 24 jam tapi jarang nemu sih, kita cuma nemu SUKIYA yaudah deh daripada kelaperan soalnya Takoyaki ga bikin kenyang. Begitu dateng kita dipersilahkan duduk dan disuguhin perpaduan air teh dan air kopi dingin pake es batu banyak haha kita bengong aja soalnya di luar dingin banget sampe meler dan dikasihnya air es, kenapa ya disini demen es dingin-dingin. Begitu liat menu duh tergoda sama beef nya keknya enak sayangnya restoran ini non-halal utungnya di daftar menunya dicantumkan kandungan makanan itu apa aja, hampir semuanya mengandung pork, akhirnya ane pesen nasi Unagi aka belut dan Kanji, Badut pesen nasi ayam plus telor mentah.
                                                   Enak banget ini belutnya kalau di tanah air kita harganya mahils 

Habis makan ga kerasa udah tengah malem dan kita ragu-ragu untuk masuk ke dalem stasiun Namba takut keretanya udah ga beroperasi. Akhirnya kita memutuskan untuk berjalan kaki sejauh 4,3 km tapi nyatanya setelah menempuh 4,3 km belum nyampe juga haha ternyata jarak yang kita tempuh sejauh 6,7 km! (via Endomondo) woaaaah!!! jalurnya enak sih tinggal luruuuuuus doang tapi dingiiiin 11℃ ampe meler, beberapa kali Kanji sama Badut teriak "Tiriiiissss brrrrr" bukannya sombong tapi ane malah menikmati dinginnya enak banget seger dinginnya udah meresap sampe daging soalnya jaketnya ga anti angin hahaha. Kita nyampe apartement jam 2 am hahaha soalnya jam tubuh kita masih jam Indonesia kan masih jam 12 kalau di Indonesia jadinya belum ngantuk.
Di depan stasiun Namba

Iluminations udah mulai


Gatau ini gedung apa cuma lightingnya bagus

Lampu-lampu menghiasi pepohonan di sepanjang jalan menuju apartement, di setiap blok warna lampunya beda-beda

Maaf kualitas videonya jelek


Keuntungan pulang jalan kaki sejauh 6,7 km kita bisa melihat lebih dekat kota Osaka, dan kita lebih mempelajari tata kota disana. Contohnya aja tutup gorong-gorong di setiap kota desainnya pasti berbeda, pohon di trotoar diberikan ruang untuk tumbuh, kalau liat yang di Bandung sih semua akar pohonnya di beton :(, pedestriannya disabled-friendly mereka ga dinomor duakan, pembatas proyek kalau di Indonesia nih kalau lagi ada kuriak bangunan pembatasnya cuman seng kan nah disana pake semacam magnetic whiteboard material aslinya keren banget rapiiiii bersiiiih, besi-besi scaffolding di sana yang posisinya dekat pedestrian dilapisi busa agar lebih safety, nah kalau di kita kebanyakan masih pake bambu boro-boro dilapisi busa, pekerjanya juga tara make seragam safety hehe. Jam-jam tengah malem gini banyak yang pulang kantor dan mabuk ngobrol sampe teriak-teriak itu hal wajar buat mereka. Setiap sudut jalan mendekati komplek apartement ada polisi yang berjaga membawa pentungan, kalau di kita ya kek hansip gitu. Ada juga yang bawa motor gede kebut-kebutan abong jalanan geus sepi. Ya begitulah hal-hal menarik yang ane temuin di hari pertama di Jepang. Besok pasti ada yang lebih menarik lagi nanti di sambung ke PART 4 ya...

Desain tutup got di Osaka


Pembatas proyek bangunan (rapiiii banget dan bersih)

Oyasuminasai Minna-san~ 
Share:

0 comments:

Post a Comment